GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN SISWA/I KELAS IV, V DAN VI TENTANG PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI SDN PEGANGSAAN DUA JAKARTA UTARA, 2014
Sari
Abstrak PHBS di sekolah adalah sekumpulan perilaku yang dipraktikkan oleh peserta didik, guru dan masyarakat lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, sehingga secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat (Maryunani, 2013) Penelitian ini dilakukan kepada siswa/i SDN Pegangsaan Dua 02 Petang Jakarta Utara. Adapun tujuan dari penulisan penelitian ini, ialah untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan siswa/i kelas IV, V dan VI tentang PHBS di SDN Pegangsaan Dua 02 Petang Jakarta Utara tahun 2014. Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan tehnik pengumpulan data secara cross sectional yakni penyebaran kuesioner dan pengumpulan lembar kuesioner dilaksanakan pada satu hari. Hasil analisa data adalah Tingkat Pengetahuan siswa/i kelas IV, V dan VI tentang pengertian PHBS adalah kurang yaitu 37%. Tingkat Pengetahuan siswa/i kelas IV, V dan VI tentang dampak tidak melakukan PHBS adalah kurang yaitu 36%. Tingkat Pengetahuan siswa/i kelas IV, V dan VI tentang manfaat PHBS adalah kurang yaitu 42%. Tingkat Pengetahuan siswa/i kelas IV, V dan VI tentang cara PHBS yang baik dan benar adalah kurang yaitu 36%. Hasil analisa data pada variabel confounding menunjukan bahwa dari 84 responden, Ayah yang memiliki tingkat pendidikan SD sebanyak 39%, SMP 37%, SMA 23% dan PT 1%, sedangkan Ibu yang memiliki tingkat pendidikan SD sebanuak 33%, SMP 41%, SMA 24% dan PT 2%. Dari 84 responden, Ayah yang bekerja sebagai buruh 50%, pegawai swasta 28%, tidak bekerja 12% dan pegawai negeri 10%. Sikap dari 84 responden, yang menyatakan sangat setuju dengan PHBS sebayak 52%, setuju 21%, tidak setuju 20% dan sangat tidak setuju 7%.
Kata kunci : Tingkat pengetahuan, siswa/i, PHBS
Teks Lengkap:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.59374/jakhkj.v1i1.9
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.