PENERAPAN SENAM HAMIL TERHADAP TINGKAT KECEMASAN DALAM MENGHADAPI PROSES PERSALINAN PADA IBU PRIMIGRAVIDA DI WILAYAH RT 002/ RW 001 PULAU KELAPA

Nancy Febriani, Lulu Febriyanti, Rosita Lubis

Sari


Latar belakang

Senam hamil merupakan program kebugaran bagi ibu hamil untuk mengencangkan sistem tubuh dan mempersiapkan otot menghadapi masa kehamilan. Senam kehamilan dilaksanakan pada setiap akhir sesi edukasi ibu hamil sebagai sumber untuk menambah pengetahuan tentang kehamilan dan persiapan persalinan.

Tujuan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman secara nyata penerapan senam hamil terhadap tingkat kecemasan ibu dalam menghadapi proses persalinan pada ibu hamil primigravida di wilayah Rt 002/ Rw 001 Pulau Kelapa.

Metodologi penelitian

Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan melakukan penerapan senam hamil terhadap 2 pasien yang mengalami kecemasan dalam menghadapi proses persalinan dari mulai tahap pengkajian, diagnosa, intervensi, implementasi dan evaluasi keperawatan.

Hasil

Berdasarkan hasil evaluasi selama 5 hari dari 2 kedua pasien setelah dilakukan senam hamil, pada Ny.K didapatkan sudah tidak merasa cemas dan merasa nyaman dan yakin akan mengadapi proses persalinan yang akan dihadapinya sedangkan pada Ny.Y cemasnya berkurang.

Kesimpulan

Kesimpulan penelitian ini terapi penerapan senam hamil dapat menurunkan tingkat kecemasan.

 

Kata kunci

Senam Hamil, Kecemasan, Primigravida


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.59374/jakhkj.v10i2.458

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.