Edukasi Teknik Menyusui pada Ibu dengan Defisit Pengetahuan Perlekatan Menyusui: Studi Kasus

Eni Folendra Rosa, Aisyah, Meilina Estiani

Sari


Latar Belakang: Perlekatan menyusui merupakan proses penting dalam memberikan nutrisi yang optimal kepada bayi baru lahir. Namun, banyak ibu primipara yang menghadapi kesulitan dalam memahami dan melaksanakan perlekatan menyusui dengan benar. Kurangnya pengetahuan tentang teknik menyusui dan manfaat perlekatan menyusui yang benar menjadi salah satu penyebab kurangnya pengetahuan ibu primipara. Tujuan: Meningkatkan pengetahuan tentang teknik menyusui yang benar pada ibu primipara dengan defisit pengetahuan tentang perlekatan menyusui. Metodologi Penelitian: Desain studi kasus tentang edukasi teknik menyusui pada ibu primipara dengan defisit pengetahuan tentang perlekatan menyusui. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua ibu postpartum primipara. Penelitian ini dilaksanakan Kabupaten OKU Sumatera Selatan pada bulan Mei tahun 2023. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada studi kasus ini adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi.  Hasil: Studi kasus menunjukkam terjadi perubahan teknik menyusui terhadap klien setelah melakukan edukasi teknik menyusui yang benar yaitu, perlekatan bayi pada payudara ibu meningkat, ibu mampu memposisikan bayi dengan benar, pengetahuan ibu tentang teknik menyusui meningkat, puting ibu tidak lecet, bayinya tidak rewel lagi ketika menyusu, klien merasa lebih rileks serta kepercayaan diri ibu meningkat. Kesimpulan: Edukasi teknik menyusui yang benar sebanyak 3 kali dapat meningkatkan pengetahuan ibu primipara

 

Kata Kunci: Perlekatan, Primipara, Tehnik Menyusui


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.59374/jakhkj.v10i1.372

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.