Penerapan Terapi Musik untuk Menurunkan Kecemasan Dimasa Pandemi Covid-19 di Kemayoran Gempol Rt.005/Rw.07, Kelurahan Kebon Kosong, Jakarta Pusat.

Rizki Pebrian Pratama, Septi Nurcahyani

Sari


Latar Belakang: Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus corona, dan penyebarannya yang cepat menimbulkan krisis kesehatan global. Kasus Covid-19 di indonesia mencapai 5.748.725 yang terkontaminasi, 5.122.602 sembuh, dan 150.172 meninggal dunia. Provinsi DKI Jakarta berada pada urutan pertama penyebaran covid-19 dengan jumlah kasus Covid – 19 tertinggi di Indonesia mencapai 273.286 terkonfirmasi. Kecemasan merupakan perasaan fisiologis yang dialami pada seseorang sertakondisi yang tidak menyenangkan. Faktor kecemasan yang dirasaakibat keadaan lingkungan karena adanya pandemi Covid – 19 yang mengganggupada kehidupan sehari-hari. Terapi Musik adalah salah satu cara nonfarmakologi dengan cara partisipan mendengan musik. Musik juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi terutama bisamenurunkan kecemasan. Oleh karena itu penulis tertarik untuk ,meneliti tentang penerapan terapi musik dalam menurunkan kecemasan pada remaja dimasa pandemi.

Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh musik terhadap penurunan kecemasan pada remaja di kemayorangempol RT.05/RW.07, kelurahan kebon kosong, jakarta pusat.

Metodologi Penelitian: Pengukuran kecemasan menggunakan alat ukur keceemasan HARS dengan metode kualitatif dengan cara pengumpulan data dilakukan secara langsung terhadap responden dengan wawancara, lembar observasi, dan pengukuran skala Anxietas. Sempel yang diambil yaitu dua partisipan.

Hasil: Hasil yang diapatkan sesudah dilakukan terapi musik adalah tingkat kecemasan remaja dengan anxsietas menjadi turun padapartisipan 1 tingkat kecemasannya dengan sekor 12 (tidak ada kecemasan),sedangkan pada partisipan 2 tingkat kecemasannya dengan sekor 16 (kecemasan ringan).

Kesimpulan: Berdasarkan penelitian yang didapatkan bahwa penerapan terapi musik untuk menurunkan tingkat kecemasa berpengaruh untuk menurunkan kecemasan remaja, hal tersebut terlihat dari hasil sesudah dilakukannya pemberian terapi musik kepada remaja dengan kecemasan.

Kata Kunci: Covid-19, Kecemasan, Terapi Musik


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.59374/jakhkj.v9i1.263

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.