PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN KEPATUHAN MERAWAT KAKI PADA PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2
Sari
Latar Belakang: Diabetes melitus adalah suatu penyakit metabolik dengan karakteristik hiperglikemia
yang menimbulkan berbagai komplikasi, salah satunya adalah ulkus kaki diabetik. Masalah kaki diabetik
memerlukan pengobatan, perawatan yang lama dan dalam penanganannya masih menemui banyak
kendala, baik dari tingkat keberhasilan maupun biaya. Bahkan ulkus kaki sering mengalami kekambuhan,
dan sebagian besar kejadian ulkus kaki diabetik akan berakhir dengan amputasi. Upaya preventif untuk
mencegah terjadinya komplikasi ulkus kaki diabetik adalah perawatan kaki. Salah satu cara meningkatkan
pengetahuan pasien tentang perawatan kaki adalah dengan memberikan pendidikan kesehatan. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang perawatan kaki terhadap
pengetahuan dan kepatuhan merawat kaki pada pasien diabetes melitus tipe 2.
Metode : Desain penelitian menggunakan “Quasy Eksperimen”, yaitu pre-test and post-test without
control. Populasi dalam penelitian ini adalah lansia yang menderita diabetes melitus di Panti Werdha
Milenia, pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dengan sampel 16 orang. Instrumen
penelitian ini menggunakan kuesioner NAFF (Nottingham Assessment Functional Footcare), kuesioner
DFCB (Diabetic Functional Care Behaviour). Analisis data menggunakan uji paired T Test.
Hasil : Hasil penelitian ini didapatkan perbedaan sebelum dan sesudah diberikan intervensi dengan nilai p
value 0.0005, artinya ada pengaruh Pendidikan Kesehatan tentang perawatan kaki terhadap kepatuhan
merawat kaki pada pasien diabetes melitus tipe 2.
Kesimpulan : Pendidikan Kesehatan tentang perawatan kaki dan Kepatuhan dalam perawatan kaki pada
pasien diabetes melitus merupakan salah satu upaya untuk mencegah terjadinya komplikasi kronik pada
diabetes yaitu ulkus kaki diabetic.
Teks Lengkap:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.59374/jakhkj.v7i3.206
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.