PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN MEDIA POSTER TERHADAP PENGETAHUAN KELUARGA PADA KEGAWATDARURATAN TERSEDAK (CHOKING) PADA BALITA DI RT.002 RW.02 KELURAHAN JOHAR BARU JAKARTA PUSAT
Abstract
Latar Belakang: Tersedak (choking) merupakan salah satu penyebab kematian tercepat pada balita dan membutuhkan penangaan sesegera mungkin untuk menghindari cedera atau kematian. Tersedak adalah suatu kondisi dimana pernafasan terhambat atau terhalang oleh benda asing yang menyempitkan saluran pernafasan bagian dalam, seperti tenggorokan, hipofaring, atau trakea. Jika penyempitan saluran napas menyebabkan gangguan suplai oksigen dan ventilasi yang parah, hal ini dapat berakibat kematian.
Tujuan: Menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan poster terhadap tingkat pengetahuan keluarga tentang kegawatdaruratan tersedak (choking) pada balita.
Metodologi Penelitian: Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif deskriptif dan metode pre-experimental design tipe one group pretest - posttest (tes awal dan tes akhir kelompok tunggal). Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner.
Hasil: . Data yang diperoleh diolah secara statistic menggunakan rumus chi square. Berdasarkan hasil Analisa 10 responden sebelum diberikan Pendidikan Kesehatan diperoleh pengetahuan yang kurang 6 orang (60%) dan cukup 4 orang (40%). Hasil Analisa 10 responden sesudah diberikan Pendidikan Kesehatan diperoleh pengetahuan yang baik 10 orang (100%).
Kesimpulan: : Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan poster terhadap tingkat pengetahuan keluarga tentang kegawatdaruratan tersedak (choking) pada balita
Kata Kunci: Kegawatdauratan, tersedak (choking), pengetahuan


