HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KESIAPAN TOILET TRAINING PADA ANAK USIA TODDLER DI KELURAHAN BANYURADEN

  • Anggun Delia, Siti Arifah, Atik Badi'ah Akademi Keperawatan Husada Karya Jaya

Abstract

Latar Belakang: Toilet training merupakan proses penting bagi anak usia toddler (1-3 tahun) yang memerlukan kesiapan fisik, mental, psikologis, serta dukungan dari keluarga terutama orang tua. Penundaan toilet training dapat meningkatkan risiko disfungsi eliminasi, termasuk infeksi kemih, mengompol, sembelit, penolakan ke toilet, gangguan BAB, menurunnya rasa percaya diri anak, hingga gangguan psikologis pada anak.

Tujuan: Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan kesiapan toilet training pada anak usia toddler di Kelurahan Banyuraden.

Metodologi Penelitian: Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif korelasional dengan pendekatan cross-sectional dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan sampel sebanyak 79 orang tua yang mempunyai anak usia toddler. Alat yang digunakan adalah kuesioner, sedangkan analisis data dilakukan menggunakan uji Chi Square.

Hasil: Temuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa sebagian besar keluarga memberikan dukungan baik (89,9%) dan anak dinyatakan siap (55,7%). Hasil analisis bivariat menunjukkan adanya hubungan signifikan antara dukungan keluarga dengan kesiapan toilet training (p = 0,019). Dukungan optimal dari keluarga, terutama orang tua sangat berpengaruh terhadap kesiapan anak dalam menjalani proses toilet training.

Kesimpulan: Simpulan penelitian ini yaitu ada hubungan dukungan keluarga dengan kesiapan toilet training pada anak usia toddler di Kelurahan Banyuraden.

Kata Kunci: Dukungan Keluarga, Kesiapan Toilet Training, Usia Toddler

Author Biography

Anggun Delia, Siti Arifah, Atik Badi'ah, Akademi Keperawatan Husada Karya Jaya

situs slot resmi

Published
2025-08-26
Section
JURNAL AKADEMI KEPERAWATAN HUSADA KARYA JAYA