TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP SIKAP CARING PERAWAT PELAKSANA DI PUSKESMAS WARAKAS JAKARTA UTARA TAHUN 2016

Labora Sitinjak, Elisabet Elisabet

Sari


Kepuasan merupakan respon seseorang terhadap dipenuhinya kebutuhan dan harapan. Respon tersebut merupakan penilaian seseorang terhadap pelayanan pemenuhan kebutuhan dan harapan, baik pemenuhan yang kurang ataupun pemenuhan yang melebihi kebutuhan dan harapan (Koentjoro, 2007). Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional yaitu penelitian yang berfungsi memberi gambaran fenomena yang terjadi dalam populasi tertentu di mana variabel-variabel yang termasuk faktor dan variabel-variabel yang termasuk efek diobservasi sekaligus pada waktu yang sama dan membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum (Notoatmodjo,2012). Analisa data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisa data univariat, yaitu analisa distribusi frekuensi dan persentase dengan tujuan melihat gambaran distribusi frekuensi dan persentasi dari gambaran tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Warakas Jakarta Utara. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: Data Responden dengan tingkat pendidikan tidak sekola-SD 7 orang (32%), SMP-SMA 12 orang (55%) dan perguruan tinggi 3 orang (14%). Data Responden dengan jenis kelamin perempuan 14 orang (64%) dan laki-laki 8 orang (36%) Kesimpulan secara keseluruhan rata-rata kepuasan pasien teradap sikap caring perawat pelaksana di Puskesmas Warakas Jakarta Utara yaitu Tinggi: 64%.
Kata kunci : Kepuasan, Pasien, penerapan sikap caring.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.59374/jakhkj.v3i1.41

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.