Implementasi Teori Konsep Rosemarie Rizzo Parse Dalam Pemberian Asuhan Keperawatan Pada Pasien Ca Cervik

Reni Amiati, Irna susanti

Sari


Latar Belakang: Kanker serviks atau yang dikenal juga dengan kanker leher rahim. Jenis kanker ini menyerang daerah leher rahim yang merupakan pintu masuk kearah rahim yang letaknya diantara rahim (uterus) dengan liang senggama perempuan (Arini, 2015). Rosemarie Rizzo Parse dilahirkan pada tanggal 28 Juli 1938 dan biasa dipanggil dengan nama Parse. konsep model Rosemarie dikenal dengan menjadi manusia “Human Becoming”. Rosemarie Rizzo Parse pertama kali mempubliskan teorinya dalam Man-Living-Health: A Theory of Nursing (1981) dan kemudian mengubahnya menjadi teori Human becoming, mengganti Human untuk manusia dan becoming untuk Kesehatan. Parse mensintesis teori Human becoming dari prinsip dan konsep dari karya Rogers. Dia juga memasukkan konsep dan prinsip pemikiran fenomenologis eksistensial seperti yang diungkap kan oleh Heidegger, Sartre, dan Merleau-Ponty. Teori Human becoming berasal dari pengalamannya dalam keperawatan dan dari sintesis prinsip-prinsip teoritis ilmu-ilmu manusia.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan asuhan keperawatan pada pasien Ca Cervik dengan menggunakan pendekatan model konsep Rosemarie Rizzo Parse

Metodologi Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode Case Study yaitu dengan melakukan asuhan keperawatan pada pasien dengan Ca Cervik dengan menggunakan model konsep Rosemarie Rizzo Parse.

Hasil: Hasil dari penelitian ini adalah pasien dapat menerima kondisi yang dialami dan akan lebih semangat dalam menjalani arah kehidupan selanjutnya dan dapat menggapai mimpi mimpi pasien.

Kesimpulan: : Perawat harus lebih mendalami apa yang dirasakan oleh pasien pada saat melakukan pengkajian kepada pasien sehingga dapat di peroleh data dan pasien lebih terbuka kepada perawat.

Kata Kunci: Rosemarie Rizzo Parse, Ca Cervik, Case Study


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.59374/jakhkj.v10i1.375

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.