PENGARUH PENINGKATAN KUALITAS BOWEL PREPARATION TERHADAP HASIL VISUALISASI KOLONOSCOPY – A SISTEMATIC REVIEW

Reni Amiati, Euis Suhartini Dhea Natashia

Sari


Latar Belakang: Kolonoskopi adalah salah satu bentuk skrining yang penting dalam menentukan diagnosa penyakit. Tidak seperti tes skrining yang lain, kolonoskopi bergantung pada persiapan kebersihan usus sebelum prosedur dilakukan. Jika persiapan usus tidak optimal, hasil patologi tidak terdeteksi secara signifikan. Banyak faktor yang dapat meningkatkan persiapan kebersihan usus. Tinjauan sistematik review ini akan melihat faktor-faktor yang dapat mengoptimalkan persiapan usus, termasuk pilihan persiapan usus, penilaian dari persiapan usus, faktor-faktor khusus yang mempengaruhi persiapan, dan diet sebelum kolonoskopi yang mempengaruhi persiapan usus.

Tujuan: Tujuan Sistemtic review ini adalah untuk memperoleh intervensi yang tepat tentang cara peningkatan persiapan kebersihan usus pada pasien yang akan menjalani pemeriksaan kolonoskopi.

Metodologi Penelitian: Review ini melibatkan dua data base di MEDLINE dan Cochrane Central dari tahun 2011 sampai dengan bulan November 2023. Penelitian yang kami telaah yang menggunakan metode RCT yang melaporkan keakuratan data yang menunjukan persiapan kebersihan usus yang dilakukan sebelum pelaksanaan tindakan colonoscopy yang menunjukan hasil pemeriksaan colonoscopy yang optimal. Tinjauan sistematis ini mengikuti daftar periksa pedoman PRISMA dan penilaian kualitas setiap artikel dilakukan dengan menggunakan JBI.

Hasil: Sebanyak 306 artikel yang diseleksi tersisa 4 artikel yang memenuhi kriteria untuk di analisis dan di sintesis dalam systematic review ini. Hasil synthesis menunjukan efektivitas bowel preparation dalam meningkatkan visualisasi kolonoskopi.

Kesimpulan: : Untuk pengaplikasian di pelayanan kesehatan pada saat persiapan kebersihan usus/bowel preparation dapat di lakukan dengan pemberian 4 Liter cairan bening, pemberian 3L PEG, pemberian PEG 2-l+asam askorbat atau dengan pemberian 300 mg simetikon dalam 200 ml air sebelum tindakan colonoscopy.

 

Kata Kunci: Colonoscopy, Bowel Preparation, Diet, Pendidikan Kesehatan, Laxative


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.59374/jakhkj.v10i1.374

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.