Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Kesiapsiagaan Kepala Keluarga Dalam Menghadapi Kegawatdaruratan Keracunan Makanan.

Susihar Susihar, Iis Kholaso

Sari


Latar Belakang: Keracunan makanan dapat terjadi ketika bakteri atau patogen jenis tertentu membawa penyakit atau mengkontaminasi makanan yang dapat menyebabkan penyakit. Kasus keracunan pangan di Indonesia biasanya dialami oleh kelompok masyarakat yang menimbulkan banyak korban, kondisi ini dapat digolongkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) yang harus segera ditangani atau di cegah. Menurut data KLB keracunan pangan yang terjadi di 2 Kecamatan Kepulauan Seribu Utara Pulau Kelapa dan Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan Pulau Tidung. Hal ini dikarenakan kesiapsiagaan masyarakat dalam memberikan pertolongan pertama pada korban keracunan makanan masih sangat rendah. Pengetahuan yang dimiliki masyarakat masih sangat kurang untuk dapat memberikan pertolongan, sehingga yang dilakukan masyarakat hanyalah merujuk korban ke pelayanan kesehatan.

Tujuan: Mengidentifikasi pengaruh pendidikan kesehatan terhadap kepala keluarga dalam menghadapi kegawatdaruratan keracunan makanan di RT005/RW03 Kelurahan Pulau Kelapa, Jakarta.

Metodologi Penelitian: Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan desain quasi eksperimental dengan menggunakan uji sample berpasangan. Jumlah sample dalam penelitian ini sebanyak 30 responden dengan teknik purposive sampling.

Hasil: Dari hasil penelitian ini yang dilakukan selama 3 hari didapatkan bahwa terdapat perbedaan kesiapsiagaan responden antara sebelum dan sesudah dilakukannya Penkes baik dari kesiapsiagaan fase pra keracunan makanan, saat keracunan makanan, dan pasca keracunan makanan. Peneliti membedakan tingkat pendidikan kepala keluarga antara SD s/d SLTA dan Perguruan Tinggi. Kesiapsiagaan kepala keluarga menurut pendidikan sangat siap SD s/d SLTA 23 responden (77%) dan perguruan tinggi 7 responden (23%).

Kesimpulan: Ada pengaruh pendidikan kesehatan dalam meningkatkan kesiapsiagaan kepala keluarga dalam menghadapi kegawatdaruratan keracunan makanan di RT005/RW03 Kelurahan Pulau Kelapa, Jakarta.

Kata Kunci: Kesiapsiagaan, Keracunan Makanan, Pendidikan Kesehatan


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.59374/jakhkj.v9i1.260

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.