Pengaruh Penkes Terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Pencegahan Covid-19 Menjelang Inpartus

Nancy Febriana, Audrey Tasy

Sari


Latar Belakang: Corona Virus Disease 2019 atau disingkat COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang dapat menyebabkan infeksi saluran nafas pada manusia mulai dari batuk pilek hingga masalah yang lebih serius bahkan dapat menyebabkan kematian jika tidak tertangani. Virus jenis baru ini dapat menyerang siapa saja , seperti orang dengan golongan usia lanjut, orang dewasa, anak-anak, bayi dan ibu hamil termasuk ibu menyusui. COVID-19 dapat ditularkan melalui percikan air liur yang keluar dari hidung maupun mulut orang yang terinfeksi pada saat berbicara, batuk atau bersin, menyentuh permukaan yang terkontaminasi virus ini kemudian menyentuh area wajah. Masih banyak masyarakat yang mengabaikan pemutusan rantai virus ini terutama ibu hamil. Ibu hamil sangat rentan terinfeksi COVID-19 dikarenakan terjadinya penurunan kekebalan parsial pada masa kehamilan.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan ibu hamil tentang pencegahan COVID-19 menjelang inpartus di Rw. 014 Kelurahan Tanjung Priok Jakarta Utara.

Metodologi Penelitian: Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan desain Quasi Experiment dengan menggunakan uji Pretest dan Postest. Jumlah sample yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 15 Responden yang diambil berdasarkan kriteria inklusi yang ditetapkan peneliti.

Hasil: Hasil penelitian yang dilakukan selama 1 hari didapatkan bahwa tingkat pengetahuan ibu hamil sebelum diberikan pendidikan kesehatan tentang pencegahan COVID-19 menjelang inpartus sebesar 60% yang dikategorikan cukup. Namun, setelah diberikan pendidikan kesehatan tentang pencegahan COVID-19 menjelang inpartus pengetahuan ibu hamil menjadi 90% dan dikategorikan Baik.

Kesimpulan: Terdapat perbedaan terdapat berbedaan tingkat pengetahuan responden antara sebelum dan sesudah dilakukannya pendidikan kesehatan terkait pencegahan COVID-19, dimana tingkat pengetahuan ibu hamil tentang pencegahan COVID-19 menjelang inpartus jauh lebih baik setelah diberikan pendidikan kesehatan.

Kata Kunci: Tingkat Pengetahuan, COVID-19, Ibu Hamil.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.59374/jakhkj.v9i1.258

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.