Analisis Efektivitas Pendidikan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Orangtua Dalam Penanganan Pertama Anak Usia Sekolah Akibat Luka Terkena Benda

Dina Carolina, Astuti Lumbantoruan, Dede Hanisah

Sari


Latar Belakang: Pengetahuan adalah suatu hasil dari tahu, dan terjadi setelah melakukan dengan penginderaan akan tetapi pengetahuan juga meliputi pendidikan formal, non formal, dan informal. Luka akibat benda tajam adalah sebuah luka yang dikibatkan oleh benda benda tajam terjadi paling sering terjadi pada anak anak pada saat bermain tanpa keawaspadaan orang tua serta kewaspadaan diri sendiri.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan orangtua dalam penanganan pertama akbibat terkena benda tajam.

Metodologi Penelitian: Metode yang digunakan dengan desain quasi eksperimental dengan penyebaran kuesioner sebelum dan sesudah. Jumlah sempel digunakan dalam penelitian dengan 20 Responden.

Hasil: Dari hasil penelitian yang dilakukan selama 2 hari data rentang umur terbanyak dengan usia sebanyak 36 – 43 tahun 8 reponden sebesar 40%, data pendidikan terbanyak yaitu SMP dengan 10 responden sebesar 50%, dan didapatkan bawah perbandingan efektivitas pemberian penkes sebelum dan sesudah terhadap tingkat pengetahuan orangtua dalam penanganan pertolongan pertama pada usia sekolah akibat luka terkena benda tajam yaitu dengan tingkat pengetahuan sebelum pemberian penkes sebesar 30% dengan kategori Rendah dan sesudah pemberian penkes sebesar 76 % dengan kategori Tinggi.

Kesimpulan: pendidikan kesehatana efektif tehadap tingkat pengetahuan orangtua dalam penanganan pertama akibat luka terkena benda tajam.

Kata Kunci: Pengetahuan, Benda Tajam, Pendidikan Kesehatan


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.59374/jakhkj.v9i1.256

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.