Analisis faktor yang berhubungan dengan tingkat kecemasan ibu hamil trimester tiga dalam menghadapi persalinan di Klinik RSP Ceger Kota Tangerang Selatan

Tio Fanni Br. Sitorus, Triana Indrayani, Retno Widowati

Sari


Latar Belakang: Kecemasan merupakan salah satu gangguan faktor psikologis yang dapat mempengaruhi kondisi kehamilan terutama kehamilan trimester tiga. Data menunjukan sebanyak 20% perempuan dengan kondisi kesehatan mental selama perinatal akan mengalami pikiran untuk melakukan bunuh diri atau tindakan menyakiti diri sendiri. Pengabaian kesehatan mental tersebut dapat berakibat membahayakan kesehatan, kesejahteraan perempuan, berdampak pada perkembangan fisik dan emosional j anin selama kehamilan.

Tujuan: Menganalisis faktor yang berhubungan dengan tingkat kecemasan ibu hamil trimester tiga dalam menghadapi persalinan di Klinik RSP Ceger Kota Tangerang Selatan.

Metodologi Penelitian: Penelitian non eksperimental, rancangan survei analitik dengan metode penelitian Cross-sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian berjumlah 51 ibu hamil trimester tiga dan sampel yang digunakan adalah seluruh jumlah populasi. Instrumen yang digunakan kuesioner. Teknik analisis dengan uji statistik Chi-Square dengan menggunakan derajat kepercayaan 95% dengan nilai standart error α = 5%.

Hasil: Variabel yang memiliki p-value < α (0,05) yaitu pada faktor komunikasi terapeutik (0,004) dan faktor kualitas tidur (0,004). Adapun variabel yang memiliki p-value > α (0,05) yaitu faktor status gravida (0,200).

Kesimpulan: Terdapat hubungan signifikan antara faktor komunikasi terepeutik dan kualitas tidur dengan tingkat kecemasan ibu hamil trimester tiga dalam menghadapi persalinan di Klinik KSP Ceger Kota Tangerang Selatan Tahun 2022 .

Kata Kunci: Kecemasan, Ibu Hamil, Analisis Faktor.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.59374/jakhkj.v9i1.255

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.