PERBEDAAN SKOR NYERI PINGGANG PADA IBU HAMIL TRIMESTER III YANG MELAKSANAKAN SENAM HAMIL DI BIDAN PRAKTIK MANDIRI KOTA PAGAR ALAM SUMATERA SELATAN

Triana Indrayani, Widya Septiani, Naziyah Naziyah

Sari


Latar Belakang: Sebanyak 90% wanita melaporkan nyeri punggung selama kehamilan, dan sepertiga memiliki nyeri parah atau melumpuhkan yang mengganggu aktivitas. Hasil survei pendahuluan didapatkan dari 7 ibu hamil ditemukan 5 orang mengalami nyeri pinggang, dan 2 orang tidak mengalami nyeri pinggang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh senam hamil terhadap penurunan skala nyeri pada penderita nyeri pinggang di bidan praktek mandiri, kota pagaralam, sumatera selatan.

Metode : Metodologi penelitian ini quasy eksperiment dengan rancangan one group pre-test-post-test design. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 20 juni 2018 sampai 14 juli 2018. Sampel sebanyak 16 responden yang mengalami nyeri pinggang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling. Mengunakkan lembar wawancara demografi dan lembar observasi skala nyeri Visual Analogue Scale (VAS).

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan rata- rata intensitas nyeri pinggang sebelum (pre-test) dilakukan senam hamil adalah 5.19. Sedangkan rata-rata intensitas nyeri sesudah (pos-test) senam hamil adalah 2.00.

Kesimpulan :  Berdasarkan hasil uji statistik variety t test didapatkan P-value 0,000 (< 0,05), berarti ada pengaruh signifikan senam hamil terhadap skor nyeri pinggang ibu hamil trimester III.

 

Kata Kunci : Nyeri Pinggang; Skor Nyeri; Senam Hamil.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.59374/jakhkj.v8i2.247

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.