ANALISIS KECEMASAN IBU HAMIL DALAM MELAKUKAN PEMERIKSAAN KEHAMILAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

Erlin Nurlinda, Sri Dinengsih, Risza Choirunisa

Sari


Latar Belakang: WHO menetapkan Covid-19 sebagai kedaruratan kesehatan masyarakat yang meresahkan dunia, yang mengarah pada peningkatan stres dan kecemasan, termasuk pada ibu hamil. Sejak 2020 terjadi penurunan yang siginifikan pada jumlah kunjungan ibu hamil untuk memeriksakan kandungannya dibandingkan tahun 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis Kecemasan ibu hamil dalam melakukan pemeriksaan kehamilan pada masa pandemi covid-19.

Metode: peneliti menggunakan desain penelitian cross sectional. Teknik pengambilan sempel menggunakan teknik accidental sampling yaitu ibu hamil sejumlah 106 ibu hamil pada bulan Juli-Agustus 2021 yang masuk kedalam keriteria inklusi dan eksklusi.

Hasil : Terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan p-value (0,000), dukungan keluarga p-value (0,013), dan fasilitas kesehatan p-value (0,000) dan Informasi kesehatan p-value (0,0967) dengan kecemasan ibu hamil dalam melakukan pemeriksaan kehamilan pada masa pandemi Covid-19.

Kesimpulan :  Terdapat hubungan signifikan antara pengetahuan, dukungan keluarga dan fasilitas kesehatan dengan dengan kecemasan ibu hamil dalam melakukan pemeriksaan kehamilan pada masa pandemi Covid-19 di wilayah kerja Puskesmas Kasemen Kota Serang tahun 2021.

 

Kata Kunci : Covid-19; Kecemasan; Pemeriksaan Kehamilan.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.59374/jakhkj.v8i2.246

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.