HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU MAHASISWA TERHADAP KEJADIAN PANDEMI COVID-19 DI UNIVERSITAS NASIONAL JAKARTA

Nita Sukamti, Rizki Hidayat, Ratna Siti Hodijah

Sari


Latar Belakang: Covid-19 yang dapat menyebar dengan sangat cepat, dengan berinteraksi dengan jarak yang dekat, menyebabkan berbagai Negara menerapkan tindakan karantina, isolasi sosial untuk berdiam dirumah. Dengan kontrol diri yang baik dapat mengarahkan kearah perilaku yang lebih baik dan sesuai dengan situasi yang terjadi. Perubahan pada perilaku juga terjadi karna adanya wabah ini karna perilaku dapat dipengaruhi oleh lingkungannya dan perilaku juga merupakan respon atau reaksi yang ada pada seseorang ketika menghadapi sebuah stimulus yang datang dari luar, sehingga dapat menjadi upaya dalam pencegahan dari penularan penyakit Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dengan perilaku mahasiswa terhadap kejadian pandemi covid-19.

Metode : Metode penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan variable independent kontrol diri dan variabel dependent perilaku mahasiswa. Sampel pada penelitian ini sebanyak 189 responden yang di ambil menggunkan purposive sampling. Instrument penelitian ini berupa angket kontrol diri dan perilaku. Data dianalisis menggunakan uji statistic parametik menggunakan pearson prosuct moment.

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara kontrol diri dengan perilaku mahasiswa terhadap kejadian pandemi covid-19 dengan hasil yang di dapat pValue 0.000˂0.05.

Kesimpulan :  Kontrol diri yang baik akan mampu mengarahkan tindakan perilaku yang sesuai dengan keadaan serta situasi yang terjadi saat ini.

 

Kata Kunci : covid-19, kontrol diri, perilaku.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.59374/jakhkj.v8i2.242

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.