PENERAPAN REBUSAN JUS DAUN KARSEN (MUNTINGA CALABURAL) DALAM PENANGANAN PERTAMA PADA PASIEN DIABETES MELITUS

Rizki Pebrian Pratama, Rizka Andriani Meylinda

Sari


Latar Belakang: Diabetes melitus adalah terjadinya peningkatan kadar glukosa darah yang diakibatkan oleh penurunan sekresi insulin yang progresif oleh restensi insulin. Mengkonsumsi air rebusan jus daun karsen adalah salah satu cara pengobatan non farmakologi dengan cara merebus daun karsen menjadi jus. Manfaat air rebusan jus daun karsen itu sendiri untuk menurunkan kadar glukosa darah dan nyeri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh mengkonsumsi air rebusan jus daun karsen penurunan nyeri dan kadar glukosa darah.


Metode : Jenis Penelitian ini adalah Metode Penelitian Kualitatif Dengan Jenis Pendekatan Studi Kasus Sampel yang diambil yaitu dari 2 partisipan menunjukkan adanya kerusakan organ pankreas yang mengakibatkan terjadinya Nyeri akibat kerusakan integritas kulit menjadi luka dan bengkak.


Hasil : Aebelum diberikan air rebusan jus daun karsen diukur menggunakan skala nyeri deskritif dengan metode kualitatif dengan cara pengumpulan data dilakukan secara langsung terhadap responden dengan wawancara, lembar observasi, dan pengukuran skala nyeri deskritif. Nyeri luka yang disebabkan oleh kerusakan jaringan yang menyebabkan terjadinya integritas kulit Ny.W sebelum diberikan air rebusan jus daun karsen skala nyeri 3, sedangkan nyeri luka Ny.L sebelum diberikan air rebusan jus daun karsen skala nyeri 4. Kemudian ketika setela diberikan terapi air rebusan jus daun karsen Ny.W menjadi skala nyeri luka 1, sedangkan Ny.L menjadi skala nyeri 1.


Kesimpulan : Berdasarkan penelitian dan pembahasan yang peneliti lakukan mengenai penerapan Rebusan air jus daun karsen sebagai penerapan rebusan jus daun karsen penanganan pertama pada pasien penderita diabetes melitus di perumahaan green new residence RT 003/ 015 babelan bekasi jawa barat.keberhasilan terhadap penelitian penerapan air rebusan jus daun karsen pada kedua partisipan menunjukkan Ny.W & Ny.L sama mematuhi program terapi air rebusan jus daun karsen.

Kata Kunci : Diabetes Melitus, Nyeri Luka, Air Rebusan Jus Daun Karsen.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.59374/jakhkj.v8i2.239

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.