PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL BENTENGAN TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK PRASEKOLAH DI WILAYAH RT 006/06 CIPONDOH, TANGERANG

Diana Rhismawati Djupri, Yeni Sulistiowati

Sari


Latar Belakang: Tahap prasekolah merupakan masa yang sangat cemerlang untuk dilakukan dan diberikan stimulus. Anak yang terstimulasi terarah akan cepat berkembang dibanding dengan anak yang kurang mendapat stimulasi. Bermain melalui permainan tradisional bentengan dapat merangsang aspek kognitif, bahasa, perilaku sosial, serta motorik kasar dan motorik halus anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional bentengan terhadap perkembangan anak prasekolah di wilayah RT 006 RW 06 Cipondoh, Tangerang.

Metode : Jenis penelitian kuantitatif menggunakan True Experiment dengan Postest Only Control Group Design. Teknik sampel menggunakan purposive sampling berjumlah 18 orang, dibagi menjadi 2 kelompok, 9 orang kelompok intervensi dan 9 orang kelompok kontrol. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan SOP permainan tradisional bentengan dan KPSP untuk mengukur perkembangan anak. Intervensi dilaksanakan setiap 2 hari sekali, 1x60 menit selama 2 minggu

Hasil : Hasil uji statistik menggunakan uji Independent Sample T-Test ada pengaruh permainan tradisional bentengan terhadap perkembangan anak prasekolah di wilayah RT 006 RW 06 Cipondoh, Tangerang dengan p value 0,001 (p < 0,05),

Kesimpulan :  hasil penelitian ini memberikan informasi kepada orang tua tentang pentingnya pemberian stimulasi positif pada anak prasekolah melalui permainan tradisional bentengan dalam mengoptimalkan perkembangan anak sesuai dengan tugas pada tahap perkembangannya untuk mencegah hambatan perkembangan pada anak.

Kata Kunci : Perkembangan, Anak Prasekolah, Permainan Tradisional Bentengan.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.59374/jakhkj.v8i1.215

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.