Perbedaan Nationale Early Warning Score dan Glasgow Coma Scale dalam Memprediksi Outcome Pasien Trauma Kepala di Instalasi Gawat Darurat

Didik Mulyono

Sari


Latar Belakang: Penilaian awal pasien dengan trauma kepala merupakan hal yang berpengaruh pada penatalaksanaan pasien dengan trauma kepala. GCS dikembangkan untuk menggambarkan tingkat kesadaran pada pasien dengan trauma kepala. Sedangkan NEWS merupakan sistem penilaian sederhana di mana pengukuran fisiologis yang sudah dilakukan ketika pasien datang di IGD atau sedang dipantau di rumah sakit.
Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan efektifitas scoring NEWS dan GCS terhadap outcome pasien trauma kepala di IGD
Metodologi : Penelitian ini menggunakan design observasional analitik dengan pendekatan kohort retrospektif. Sampel berjumlah 181 pasien dimana pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dimana peneliti memilih sampel sesuai kriteria inklusi dan eksklusi dari populasi yang ada. Analisis bivariat yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan uji somers’d dan uji spearman. The Area Under Receiver Operating Characteristic (AUROC) digunakan untuk menilai kemampuan scoring NEWS dan GCS membedakan outcome baik dan outcome buruk.
Hasil Penelitian : Hasil dari penelitian ini menunjukkan analisis AUROC didapatkan nilai AUC sebesar 0,703 untuk NEWS dan AUC sebesar 0,769 untuk GCS. Kemampuan memprediksi outcome pasien trauma kepala menunjukkan performa cukup untuk NEWS dan performa baik untuk GCS.
Simpulan dan saran : Kemampuan GCS memprediksi outcome pasien trauma kepala lebih baik dari NEWS. Saran: Penggunaan GCS sebagai standart baku pemeriksaan awal pasien trauma kepala tetap bisa dilaksanakan di IGD oleh karena GCS dapat dengan mudah dan cepat tanpa melakukan perhitungan skor dengan performa yang baik dalam prediksi outcome pasien trauma kepala.
Kata Kunci : NEWS, GCS, Outcome pasien trauma kepala


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.59374/jakhkj.v7i1.153

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.