FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI REMAJA MENGKONSUMSI ROKOK ELEKTRIK

Labora Sitinjak, Susihar Susihar

Sari


Latar Belakang: Remaja di Indonesia saat ini semakin meningkat jumlah perokok elektrik baik perokok konvensional yang berubah menjadi perokok elektrik maupun remaja yang langsung mengkonsumsi rokok elektrik. Keadaan ini semakin urgen dan memprihatinkan terkait dampaknya bagi kesehatan generasi penerus bangsa.

Metode: Penelitian ini, menggunakan survei deskriptif kuantitatif, bertujuan melihat gambaran kejadian di dalam populasi remaja perokok elektrik di SMAN 15 Jakarta Utara dengan mengunakan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 31 responden.

Hasil: Jumlah responden remaja laki-laki lebih banyak berkontribusi dalam menggunakan rokok elektrik (vape) dibandingkan perempuan yaitu sebanyak 65%. Sebanyak 80% berusia 16 tahun dan 4 orang (20%) berusia 17 tahun. Dalam penelitian ini didapati hasil faktor-faktor yang paling tinggi mempengaruhi remaja mengkonsumsi rokok elektrik (vape) adalah faktor Teman, selanjutnya adalah faktor Internet dan Orang tua. Sedangkan faktor, televisi, buku dan faktor lainnya tidak berpengaruh terhadap ketertarikan Siswa Kelas 11 SI SMAN 15 Jakarta Utara memilih rokok elektrik (vape).

Kesimpulan: Faktor yang paling mempengaruhi remaja mengkonsumsi rokok elektrik adalah faktor teman.

 

Kata kunci: Rokok Elektrik, Remaja.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.59374/jakhkj.v6i1.127

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.