PENGARUH PEMBERIAN EFFLUERAGE MASSAGE DI FUNDUS UTERI TERHADAP LAMANYA PERSALINAN KALA I PADA MULTIGRAVIDA DI PUSKESMAS KECAMATAN MENTENG JAKARTA PUSAT TAHUN 2019

Risza Choirunissa, Suprihatin Suprihatin, Munirang Wahab

Sari


Latar Belakang: Penelitian ini ditandai oleh latar belakang Angka Kematian Ibu (AKI) dengan kasus komplikasi yang terjadi pada proses persalinan seperti hambatan persalinan (failutre progress), perdarahan, gawat janin, partus lama yang termasuk dalam kasus tersebut sebanyak 1.712 kasus. Partus lama dapat dipercepat dengan beberapa metode antara lain dengan massage effluerage di fundus uteri. Massage effluerage di fundus uteri yaitu rangsangan stimulasi kulit yang dapat menimbulkan efek relaksasi untuk menurunkan kadar hormon adrenalin dan dapat meningkatkan produksi oksitosin. Pemberian massage effluerage di fundus uteri adalah salah satu upaya yang dapat mengefektifkan frekuensi his agar adekuat untuk menghindari persalinan lama. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian massge effleurage di fundus uteri terhadap lamanya persalinan kala I pada multigravida di Puskesmas Kecamatan Menteng Jakarta Pusat tahun 2019.

Metode : Desain penelitian ini menggunakan the static-group comparison dengan teknik  total sampling sebanyak 20 responden ibu bersalin. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu bersalin normal di Puskesmas Kecamatan Menteng Jakarta Pusat sebanyak 20 responden.

Hasil penelitian : Tidak ada pengaruh lama persalinan kala I pada ibu bersalin yang diberi intervensi massage effleurage di fundus uteri di Puskesmas Kecamatan Menteng Jakarta Pusat didapatkan p-value (0,80) yang berarti p>α (0,05) sehingga Ho diterima yang artinya tidak ada perbedaan signifikan antara yang kelompok perlakuan yang diberi massage effleurage  dan  kontrol yang tidak diberi massage effleurage di fundus uteri pada ibu bersalin multigravida di Puskesmas Kecamatan Menteng Jakarta Pusat.

Kesimpulan : Pemberian intervensi massage effleurage di fundus uteri tidak  berpengaruh terhadap lamanya persalinan kala I pada multigravida namun ada perbedan rata-rata dari lama persalinan antara kedua kelompok selam 19 menit.. Petugas kesehatan dapat menggunakan metode ini sebagai metode nonfarmakologi untuk membantu dalam proses persalinan.

 

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.59374/jakhkj.v5i2.117

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.