STUDI KASUS EFEKTIVITAS INTERVENSI MASSAGE KAKI, AROMATERAPI SEREH & KOMBINASI KEDUANYA TERHADAP PENURUNAN INSOMNIA PADA LANSIA

Leo Rulino, Laras Santi

Sari


Latar Belakang:  Insomnia adalah ketidakmampuan untuk tidur walaupun ada keinginan untuk melakukannya. Lansia yang beresiko mengalami gangguan pola tidur yang disebabkan beberapa faktor seperti misalnya perubahan pola sosial, pensiunan, pasangan hidup atau teman dekat, penggunaan obat-obatan, penyakit yang dialami lansia, gangguan mood, ansietas, kepercayaan untuk tidur, kematian, dan perasaan yang negatif merupakan indikator terjadinya insomnia. Penanganan insomnia dapat dilakukan dengan terapi farmakologi seperti obat-obatan antistamin dan menggunakan terapi non farmakologi seperti massage kaki dan aromaterapi sereh.

Metode:  Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan study kasus. Teknik sampling menggunakan purposive sampling, berjumlah 3 partisipan (1 partisipan diberikan intervensi massage kaki, 1 partisipannya diberikan intervensi aromaterapi sereh, dan 1 partisipan diberikan kombinasi dari kedua intervensi tersebut. Penelitian dilakukan di RT01/RW07 Kelurahan Papanggo Jakarta Utara.

Hasil: Berdasarkan hasil evaluasi ketiga partisipan, terlihat bahwa aromaterapi sereh lebih cepat mengatasi insomnia daripada massage kaki. Namun kombinasi kedua intervensi memberikan efek yang lebih baik.

Kesimpulan:  Insomnia ditandai dengan: (1) kesulitan untuk memulai tidur, (2) terbangun pada malam hari, dan (3) sulit untuk tidur kembali ketika terbangun. Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kejadian insomnia antara lain: (1) Lingkungan yang bising dan (2) Gejala akibat penyakit penyerta yang mengganggu waktu tidur seperti poliuri dan polifagi pada diabetes mellitus. Intervensi romaterapi sereh lebih efektif dibandingkan dengan massage kaki. Namun kombinasi keduanya dapat memberikan efek positif yang lebih komprehensif pada insomnia.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.59374/jakhkj.v5i2.116

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.