GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI DI SMA TAMAN MADYA 1 JAKARTA PUSAT

Labora Sitinjak, I Gusti Ayu Putu Desy Rohana, Sella Mediana

Sari


Latar Belakang:  Sadari merupakan cara deteksi dini kanker payudara pada wanita setelah mengalami menstruasi, dengan melakukan Sadari akan meningkatkan kesadaran betapa pentingnya kewaspadaan akan adanya benjolan yang tidak normal pada payudara. pada usia remaja awal hingga akhir sedang tumbuh dan berkembangnya hormon-hormon pubertas sehingga dapat meningkatkan salah satu faktor resiko terkena kanker payudara.

Metode: Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui gambaran tingkat pengetahuan remaja putri tentang pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) Di SMA Taman Madya 1 Jakarta Pusat. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian secara deskriptif dengan menggunakan pendekatan Cross sectional. Pada penelitian ini menggunakan sampel dengan Tehnik Consecutive Sampling sebanyak 48 responden.

Hasil: Hasil Tingkat pengetahuan pengetahuan remaja tentang sadari Rendah Sebanyak 21 responden (44%) dari 48 responden.

Kesimpulan: Diharapkan remaja dapat melakukan perubahan yang baik dan semakin mempunyai kesadaran terhadap pemeriksaan payudara sendiri (SADARI).


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.59374/jakhkj.v5i2.115

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.