GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TERHADAP MANFAAT METODE KANGURU PADA BAYI DENGAN BBLR DI RUANG PERINATOLOGI RSUD KOJA JAKARTA UTARA

Nancy Febriana, Susihar Susihar, Iga Komalasari

Sari


Latar Belakang:  Perawatan Metode Kanguru yang dikenal dengan Skin to skin contact merupakan metode perawatan yang dianjurkan pada bayi dengan BBLR. Manfaat Perawatan Metode Kanguru (PMK) dapat mencegah terjadinya hipotermi karena tubuh ibu dapet memberi kehangatan bagi bayinya dengan kontak antara kulit ibu dengan kulit bayi. Selain itu manfaat Perawatan Metode Kanguru (PMK) dapat meningkatkan ikatan kasih sayang antara ibu dan bayi, memenuhi kebutuhan nutrisi, mencegah infeksi. Metode kanguru biasanya dilakukan oleh ibu. Sehingga dibutuhkan pengetahuan yang baik dari ibu untuk dapat menerapkan PMK.

Metode: Desain penelitian ini adalah kuantitatif deskritif. Sampel yang diambil dengan teknik sampling jenuh (sensus) yang bilamana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Responden penelitian merupakan ibu yang memiliki bayi dengan BBLR di Ruang Perinatologi RSUD Koja Jakarta Utara yang berjumah 30 responden. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner.

Hasil: Hasil penelitian karakteristik demografi responden menunjukan mayoritas merukapan usia dewasa awal 27-30 tahun (30%), berpendidikan SMA (57%). Sedangkan hasil tingkat pengetahuan responden menunjukan sebanyak 5 responden (17%) memiliki pengetahuan yang kurang baik terkait PMK. Responden juga memiliki pengetahuan kurang baik pada pengertian (7%), manfaat (7%), serta pelaksanaan PMK (57%).

Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan instasi terkait dapat memodifikasi sistem edukasi PMK misalnya dengan adanya penilaian pre dan post pengetahuan ibu, edukasi lebih terstruktur dan adanya tindak lanjut setelah diberikan edukasi tersebut seperti pemberian Leaflet atau poster.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.59374/jakhkj.v5i2.113

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.