PENERAPAN JUS TOMAT TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI DI RT 001 RW 007 KELURAHAN PAPANGGO JAKARTA UTARA TAHUN 2019

Rosita Magdalena Lubis, Ni Wayan Suliani, Andita Anestiya

Sari


Latar Belakang: Hipertensi adalah tekanan darah dengan sistolic blood pressure (SPB) ≥130 mmHg atau tekanan darah dengan diastolic blood pressure (DBP) ≥80 mmHg. Penyakit hipertensi juga sering disebut dengan silent killer karena penderitanya sering tidak merasa kesakitan maupun mengalami keluhan.

Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif studi kasus dengan membandingkan dua pasien dengan penerapan jus tomat yang dapat menurukan tekanan darah karena adanya kandungan kalium yang berfungsi sebagai vasodilatasi pembuluh darah.

Hasil: Dari hasil penelitian ini ditemukan di pengkajian bahwa dari kedua pasien tersebut hampir sama, dilakukan intervensi dan implementasi yang sama. Dalam evaluasi, dari kedua pasien ditemukan bahwa salah satu dari dua pasien tersebut lebih cepat dalam penurunan tekanan darah karena sering meminum jus tomat dan berolahraga.

Kesimpulan: Bagi peneliti yang ingin melanjutkan, diharapkan agar lebih banyak dalam jumlah sampel yang akan diteliti dan mencari pengaruh apa saja yang dapat menurunkan tekanan darah.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.59374/jakhkj.v5i2.112

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.