GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG PENYAKIT DIARE PADA BALITA DI RT 01 DAN 02 RW 004 KELURAHAN PEGANGSAAN DUA JAKARTA UTARA, 2014

Egeria Dorina Sitorus, Muhammad Agung Saputra, Yupita Dinan Sari, Zulfiyana Zulfiyana

Sari


Abstrak
Ibu berperan sangat penting dalam kejadian diare pada balita. Ibu adalah sosok yang paling dekat dengan balita. Jika balita terserang diare maka tindakan - tindakan yang ibu ambil akan menentukan perjalanan penyakitnya. Tindakan tersebut dipengaruhi berbagai hal, salah satunya adalah pengetahuan. Pengetahuan ibu mengenai diare, penyebabnya, gejala klinis, pencegahan, dan cara penanganan yang tepat untuk mengatasi diare pada balita berperan penting dalam penurunan angka kematian dan pencegahan kejadian diare serta malnutrisi pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan ibu tentang penyakit diare pada balita di RT 01 dan RT. 02 RW. 004 Kelurahan Pegangsaan Dua Jakarta Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel 50 orang. Pengumpulan data secara cross sectional diperoleh melalui penyebaran angket berupa kuesioner. Penelitian dianalisa dengan menggunakan distribusi frekuensi dan diperoleh hasil bahwa dari jumlah responden sebanyak 50 orang.
Pada varibel “pengertian” yang benar adalah 78%, variabel “penyebab” yang benar adalah 62%, variabel “tanda dan gejala” yang benar adalah 72%, variabel “penatalaksanaan” yang benar adalah 72% dan variabel “pencegahan” yang benar adalah 78%. Dari data ini rata-rata jawaban yang benar dari responden terhadap pengertian, penyebab, tanda dan gejala, penatalaksanaan, pencegahan, adalah 72%. Data ini membuktikan bahwa pada 50 orang yang dijadikan responden memiliki tingkat pengetahuan sedang.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.59374/jakhkj.v1i1.1

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.